2008-2009 DATA CONSULT. All rights reserved.

BERITA RINGKAS PERUSAHAAN
Januari 2009

2 PERUSAHAAN ELEKTRONIK CHINA INVESTASI US$18 JUTA. Direktur Industri Elektronik Departemen Perindustrian Syarif Hidayat mengatakan Kendati terjadi resesi ekonomi dunia, dua perusahaan elektronik China menambah investasi sebesar total US$18 juta di Indonesia pada tahun ini. Perusahaan raksasa elektronik China yakni Changhong Electronic Corp akan menanamkan modal sebesar US$8 juta untuk memperluas lini produksi kulkas dan mesin cuci pada awal 2009. Sebelumnya Changhong telah berinvestasi di Indonesia sebesar US$10 juta untuk membangun pabrik yang memproduksi televisi dan AC di Tangerang pada awal tahun lalu sedangkan produk Changhong sendiri sebenarnya sudah beredar di Indonesia melalui jalur impor sejak 10 tahun silam melalui kerjasama dengan PT Changhong Electronik Indonesia. Hingga saat ini Changhong telah memproduksi 350.000 unit tv, 150.000 unit AC, 300.000 unit DVD dan 100.000 unit produk digital network. Selain Changhong, Sekjen Electronik Marketer Club (EMC) Handojo Soetanto mengatakan TCL Corporation perusahaan yang berbasis di Huizhou, Guangdong berencana akan melakukan ekspansi di Indonesia dengan menanamkan dana investasi sebesar US$10 juta untuk memproduksi AC, Televisi dan kulkas.

BENGKULU ENERGI MANDIRI BANGUN PABRIK BIODIESEL. PT Bengkulu Energi Mandiri melakukan investasi sebesar Rp1 triliun untuk membangun pabrik biodiesel di Bengkulu yang akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dengan investasi sebesar Rp600 miliar untuk membangun pabrik biodiesel yang berkapasitas 200.000 ton per tahun dan tahap kedua sebesar Rp400 miliar dengan kapasitas 200.000 ton per tahun. Sehingga total kapasitasnya mencapai 400 ton per tahun. Pabrik biodiesel tersebut akan dibangun di kawasan pelabuhan Pulau Baai, dan Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menyediakan lahan seluas 10 ha yang diberikan secara gratis pada investor. Selain membangun industri pengolahan biodiesel, PT Bengkulu Energi Mandiri juga akan membangun enam unit pabrik pengolahan CPO dan membuka perkebunan kelapa sawit seluas 20.000 ha di provinsi Bengkulu. Pembangunan pabrik CPO dan pembukaan perkebunan kelapa sawit tersebut dalam rangka manambah pasokan bahan baku untuk industri biodiesel yang segera dibangun.

TELKOMSEL MENANG PROYEK USO RP534 MILIAR. PT Telkomsel memenangi lelang Paket II dan Paket VII untuk proyek jaringan telepon perdesaan USO (universal service obligation) denga harga penawaran Rp534 miliar. Sementara penandatanganan kontrak antara Depkominfo dan PT Telkomsel di jadwalkan akan dilakukan bulan depan, yang dilanjutkan dengan penerbitan surat perintah mulai kerja  (SPMK) selama tidak ada sanggahan atas keputusan tersebut. Di paket II Telkomsel menyisihkan PT Indonusa System Integrator Prima dan PT Indosat Tbk. Adapun untuk paket VII, anak usaha PT Telkom tersebut berhasil menyisihkan PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia dan PT Indonusa System Integrator Prima. Sedangkan dari tujuh paker pekerjaan USO hanya paket II dan paket VII yang merupakan lelang murni dan telah diselesaikan dengan baik. Selain itu, panitia lelang USO akan memilih secara langsung pemenang paket pekerjaan I (NAD, SUmut dan Sumber) paket III (Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Kalsel) serta paket VI (Bali, NTB dan NTT).  Adapun untuk paket pekerjaan IV (Sulut, Gorontalo, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Sultra, Maluku dan Maluku Utara) dan paket V (Papua dan Irian Jaya Barat) panitia akan menggunakan model penunjukkan langsung.

SEMEN PADANG & NEDO INVESTASI RP203,6 MILIAR.  PT Semen padang, BUMN nasional, bekerja sama dengan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) Jepang akan membangun pembangkit listrik dengan dana investasi Rp203,6 miliar. Pembangkit tersebut akan dibangun pada 2010 dengan kapasitas 8,5MW yang menghasilkan tenaga listrik dari energi panas terbuang di industri semen (waste heat recovery power generation/WHRPG). Proyek ini ditargetkan mulai beroperasi pada November 2011 dan digunakan untuk mengoperasikan pabrik semen Padang setahun berikutnya. Sementara itu, WHRPG sendiri merupakan teknologi yang memanfaatkan gas buang dari tungku pembuatan klinker (rotary klin) yang diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan beberapa alat pendukung seperti boiler, turbin, dan generator. Sedangkan PT Semen Padang tercatat sebgai pabrik semen pertama di Indonesia yang mengaplikasikan WHRPG. Saat ini di Indonesia terdapat lima proyek serupa yang dikembangkan oleh NEDO dan dua diantaranya sedang berjalan termasuk proyek pembangkit Semen Padang. Dalam proyek tersebut, NEDO menyediakan peralatan seperti mesin turbin, boiler, generator, supervise dan konsultasi, sedangkan Semen Padang akan menangani konstruksi, operasional, dan perawatan.

ASING BEREBUT PLTU PEMALANG. Sedikitnya empat perusahaan asing bersaing memperebutkan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pemalang, Jawa Tengah senilai US$2,57 miliar. Megaproyek yang berkapasitas 10.000 MW tahap I, PLTU Labuan II, merupakan proyek pembangkit terbesar, berkapasitas 1.590 MW. Khusus PLTU Pemalang, kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 2.000 MW. Direktur Perencanaan dan Teknologi PT PLN Bambang Praptono mengatakan proyek PLTU di Pemalang itu masuk dalam skema megaproyek 10.000 MW tahap II dan sejak akhir Desember, PLN sudah mengundang investor yang berminat masuk diproyek tersebut. Dalam megaproyek tersebut ada 4 perusahaan asing yang berminat terhadap proyek itu diantaranya Siemens Jerman, WTL Malaysia, Areva Prancis, Huadian Energy Co China, dan China Datang Corp China. Menurut Bambang, Pembangunan proyek tersebut diharapkan selesai pada 2014 dan proyek ini menggunakan skema Independent Power Producer (IPP) generasi III. Sementara perbedaan kontrak IPP generasi III dengan kontrak sebelumnya adalah memiliki payun hukum berupa Peraturan Presiden No. 67/2005 tentang infrastruktur, sehingga proyek ini mendapat jaminan dari Pemerintah.

YU WON BANGUN PABRIK PERAKITAN PONSELUS$10JUTA. Produsen komponen elektronik Korea Selatan berbasis liquid crystal display module (LCM), PT Yu Won LCD akan membangun perakitan ponsel CDMA pada tahun ini di Serang, Banten dengan investasi sebesar US$10 juta. Saat ini perseroan telah eksis dengan bisnis pembuatan komponen LCM berukuran mini yang dipasok ke berbagai produsen elektronik dan ponsel di pasar lokal dan seiring dengan berjalannya waktu, perseroan berencana akan mengembangkan usahanya ke industri perakitan ponsel berbasis CDMA dengan merek Yucom. Menurut Direktur Industri Telematika Departemen Perindustrian Ramon Bangun mengungkapkan bahwa perseroan telah mengirimkan surat kepada Menteri Perindustrian Fahmi Idris untuk meminta dukungan rekomendasi, teknis dan prosedur atau kebijakan agar realisasi investasi Yu Won berjalan mulus karena produk-produk yang akan diluncurkan ini telah mampu menyerap kandungan lokal (TKDN) yang besar. Sementara berdasarkan kalkulasi perseroan, tingkat TKDN untuk produk-produk baru Yucom Cm-100 dan CM101 mencapai 51,73% atau setara US$21,06 per unit dari total belanja modal (capital expenditure/capex) US$40,71 per unit. Sedangkan TKDN untuk produk Yucom CF-100 dan CF101 mencapai 52,38% atau setara dengan US$26,56 per unit dari total capex US$50,71 per unit. Selain itu, perseroan juga akan menyediakan layanan purnajual konsumen sehingga perseoran optimis apabila semua perangkat telah disediakan dengan baik, maka produk Yucom akan berdaya saing tinggi dibandingkan dengan produk sejenis dari vendor-vendor lain.

LOTTE MART SIAP EKSPANSI. PT Lotte Shopping Indonesia siap memperluas jaringan hypermarket dan supermarket di Indonesia, setelah peritel 100% asing itu memperolehizin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sedangkan Lotte sendiri merupakan brand untuk format hypermarket, supermarket dan shopping center (mal). Moon Young-Pyo, Presiden Direktur PT Lotte Shopping Indonesia mengatakan akan menambah 16 gerai hingga 2012 menjadi 35 toko, dan menjadi 45 gerai pada 2013. Saat ini peritel asal Korea Selatan ini memiliki 19 gerai setelah mengakuisisi perkulakan Makro di Indonesia. Pada 2009, Lotte ditargetkan mampu meraup omzet Rp5,7 triliun, atau naik 20% dibandingkan dengan penjualan yang diraih 19 gerai Makro pada 2008. Adapun untuk penjualan pada 2013, Lotte di Indonesia diperkirakan mampu meraih omzet Rp17 triliun. Menurut Noh Byung Yong, Presiden CEO Lotte Mart menargetkan setelah lebih dari 5 tahun beroperasi, gerai Lotte akan memimpin pasar ritel barang kebutuhan sehari-hari termasuk menggeser peritel nomor satu di Indonesia yakni Carrefour peritel asal Prancis.

PRASIDHA AKUISISI INDOARABICA. PT Prasidha Aneka Niaga Tbk melalui anak usahanya PT Aneka Coffee Industry segera mengambil alih 97,81% saham PT Indoarabica Mangkuraja milik PT Aneka Agroprasidha. Menurut Corporate Secretary PT Prasidha Aneka Niaga Petrus Arif mengatakan nilai pengambilalihan 97,81% saham Indoarabica sebesar Rp19,95 miliar. Nilai akuisisi tersebut digunakan untuk pengambilalihan saham sebesar Rp12 miliar dan pinjaman untuk membayar utang perusahaan yang diakuisisi sebesar Rp7,95 miliar. Akuisisi perusahaan tersebut bertujuan untuk mensinergikan kegiatan bisnis kedua perusahaan antara Aneka Coffee yang bergerak di sektor hilir dan Indoarabica yang bergerak di perkebunan kopi. Aneka Agro selaku pemilik Indoarabica bersedia melepaskan kepemilikan sahamnya di perusahaan perkebunan kopi tersebut dengan syarat memberi pinjaman untuk melunasi utang perusahaan yang diakuisisi tersebut. Sementara itu, Indoarabica memiliki lahan seluas 197 ha dengan 317.000 pohon kopi, dan dari jumlah itu 275.000 pohon telah menghasilkan kopi. Sedangkan lokasi perkebunannya berada di wilayah Rejang Lebong Bengkulu.

ASAHIMAS AKAN INVESTASI US424,5 JUTA. PT Asahimas Flat Glass Tbk berencana melakukan investasi senilai US$24,5 juta untuk membeli mesin dan instalasi guna memproduksi kaca coating di pabrik Sidoarjo. Corporate Secretary Asahimas Hendrik Adrianto mengatakan, perseroan berencana memproduksi kaca lembaran dengan teknologi Chemical Vapour Deposition (CVD) di tungku A-2 yang ada di pabrik kaca lembaran milik perseroan di Sidoarjo, Jawa Timur. CVD merupakan teknologi pelapisan atau coating terhadap permukaan kaca dengan melakukan penyemprotan dan penambahan partikel kimia berbentuk partikel uap pada akhir proses pembatan kaca. Dan lisensi ini dipegang oleh perusahaan asal Belgia AGC Flat Glass Europe S.A., yang telah menjalin kerjasama dengan perseroan dalam membangun seluruh tungku milik perseroan. Selain itu, Asahimas akan memulai proyek produksi kaca lembaran dengan teknologi CVD pada Maret, setelah mendapat persetujuan pemegang saham pada rapat umum pemegang saham luar biasa.

NORTHSTAR KUASAI 29% ALFARIA.  Northstar Pacific Partners melalui Argo Volantis Pte Ltd menjadi pemegang saham baru di PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dengan porsi kepemilikan 29,52% karena konversi utang. PT Cakrawala Mulia Prima, pemegang saham lama Sumber Alfaria menyatakan telah mengalihkan sebanyak 1,01 miliar saham yang mewakili 29,52% dari jumlah saham yang dikeluarkan Sumber Alfaria kepada Argo Volantis pada 15 Januari 2009. Menurut Direktur PT Cakrawala Mulia Prima Christian Sugiarto mengatakan tujuan dari transaksi ini adalah untuk melaksanakan konversi exchangeable note (obligasi tukar) yang diterbitkan oleh Cakrawala Mulia kepada Argo dengan nilai pokok yang tersisa sejumlah Rp210 miliar. Transaksi ini mengakibatkan kepemilikan Cakrawala Mulia menyusut menjadi 6,48% dari sebelumnya 36%. Saat ini dengan beralihnya kepemilikan saham Cakrawala Mulia kepada Argo Volentis, maka pemegang saham pengelola ritel Alfamart adalah PT Sigmantara Alfindo sebesar 54%, Argo Volantis 29,5%, Cakrawala Mulia 6,48%, dan pemegang saham publik dengan kepemilikan kurang dari 5% total 10%. Sumber Alfaria sendiri adalah pengelola jaringan ritel Alfamart yang saat ini memiliki 2.800 gerai yang tersebar di Jawa dan Lampung. Sebanyak 27% dari jumlah gerai tersebut dikembangkan melalui waralaba.

 
INDONESIAN COMMERCIAL NEWSLETTER
MONTHLY REPORT
HOME            Laporan Utama           Fokus            Daftar Isi          Berlangganan